KITA PEDULI KITA BISA

Jumlah Keluarga Miskin Kota Palu saat ini sekitar 11.000 KK.

Jumlah tersebut sangatlah banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kota Palu.

Mereka membutuhkan bantuan untuk keluar dari persoalan Kemiskinan

Yang Paling dibutuhkan adalah hak hak dasar yaitu berupa hak kesehatan, hak pendidikan, hak perumahan yang layak dan hak untuk mendapatkan akses perekonomian

Mari kita penuhi hak hak mereka bukan hanya sekedar memberi bantuan.

Berilah mereka Pancing bukan Ikannya.........!!!!!!!!!!!!!

PENANGGUNG JAWAB BLOG

Penangung Jawab : Kordinator Forum BKM Kota Palu, Pembina : Walikota Palu, Ketua DPRD Kota Palu, Pengarah : Kepala Bappeda Kota Palu, Team Leader KMW 6 PNPM-P2KP Sulawesi Tengah, Tenaga Ahli KMW 6, Kordinator Kota PNPM-P2KP, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Erfandi, Wakil Pemimpin Redaksi : Moh. Riswan, SH Dewan Redaksi : Johnny Djohan, Erfandi, Moh. Riswan, SH, Abidin Ahmad, Drs. Djasmin J Basira, Drs. Asrul Nagaula, Denny Dahlan S Ag, Ir. Tamsil Ismail, Arifudin Tahawila, SPd, Nurenang, Hasanuddin Kordinator Liputan Palu Barat : Penmas Larini, Palu Utara : Misman, Palu Selatan : Nursidah, Palu Timur : Moh. Sagaf Lamureke 







PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA PALU

1. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

2. Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP).

3.Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET).

4. Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM).

5. Neigborhood Development (ND).

6. Lembaga Pengemban Dana Amanah (LPDA) untuk Penanggulangan Kemiskinan.

7. Program Pengembangan Wilayah Perdesaan (PPWP)

8. PNPM Mandiri Perkim

9. PNPM Mandiri Pariwisata

10. Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Kawasan (Menpera)

SELAMAT BERGABUNG

Forum BKM Kota Palu menerima tulisan dari berbagai pihak untuk semua program penanggulangan kemiskinan di Kota Palu

Sejak digulirkan tahun 1999 hingga menjadi satu dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM), total jumlah Badan Keswadayaan Masyarakat yang dibentuk di seluruh Indonesia mencapai 11.000 BKM.

Rabu, 24 Februari 2010

Palu, 5 Agustus 2009 BKM Mina Bahari Terima Hibah dari BI


Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mina Bahari, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, menerima hibah/bantuan dana dari Bank Indonesia (BI) sebesar Rp 7,5juta. Dana tersebut disampaikan oleh Kepala BI Kota Palu Suparmo kepada Manajer Unit Pengelola Keuangan (UPK) BKM Mina Bahari H. Latief. Dana ini akan disalurkan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang memiliki catatan pengembalian kredit lancar.

Pemberian hibah ini merupakan penghargaan BI atas keberhasilan UPK BKM Mina Bahari dalam pengembangan dan pengelolaan kredit bergulir di lingkungan masyarakat Lere.

UPK BKM Mina Bahari dikenal telaten dan cermat dalam mengelola administrasi keuangan. Bahkan, karton bekas pun dijadikan bundel bukti uang masuk dan bukti uang keluar. Semua yang berhubungan dengan pengarsipan pembayaran KSM tertata rapi dan sangat mudah dicari. Hal ini dinilai sebagai pembelajaran yang baik dan patut ditiru oleh UPK lain.

Manajer UPK BKM Mina Bahari H. Latief mengaku selalu senang melakukan tugasnya sebagai UPK. ”Saya sudah pensiun dan inilah pengabdian saya kepada masyarakat. Saya terbiasa bekerja. Jadi, dengan adanya UPK BKM di kelurahan ini, seolah-olah saya belum pensiun,” ujar dia, yang dibenarkan oleh Unit Pengelola Sosial (UPS) Hj. Hakiman. BKM yang berdiri sejak 2005 ini selalu antusias menyambut kunjungan Fasilitator dan pihak KMW setempat.

Menurut Latief, dana awal kegiatan bergulir dari P2KP-PNPM Mandiri Perkotaan adalah sebesar Rp 62.769.750, yang digunakan untuk membina 56 KSM aktif. ”Mereka (KSM) telah meminjam 3-4 kali, dengan rata-rata jangka waktu 5 - 10 bulan, dengan jasa pinjaman sebesar 1,5 persen per bulan,” jelasnya.

Kiat yang diterapkan Latief dalam melakukan pembinaan KSM adalah dengan mengunjungi langsung anggota KSM guna berkomunikasi tentang perkembangan usaha mereka. Sekaligus memberi masukan dalam pengelolaan ekonomi rumah tangga masing-masing. (Tim Manajemen Keuangan KMP PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan BKM Mina Bahari silakan menghubungi:

BKM Mina Bahari
Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat
Kota Palu
Contact Person: H. Latief (Manajer UPK), HP. 085241058509

Tidak ada komentar:

Posting Komentar